Biodata Sutan Syahrir: Profil Dan Perjalanan Hidup Mantan Perdana Menteri

by -243 Views
banner 468x60
banner 468x60
Sutan Sjahrir Perpustakaan ISI PadangPanjang
Sutan Sjahrir Perpustakaan ISI PadangPanjang from pustaka.isi-padangpanjang.ac.id

Siapa Sutan Syahrir?

Sutan Syahrir adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lahir pada tanggal 14 Maret 1909 di Pariaman, Sumatera Barat, Sutan Syahrir dikenal sebagai salah satu pendiri Partai Sosialis Indonesia (PSI) dan juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri pertama Indonesia.

Pendidikan dan Karir Awal

Sutan Syahrir menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Belanda dan melanjutkan ke HBS (Hogere Burgerschool). Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Belanda dan berhasil meraih gelar doktor dalam bidang hukum dari Universitas Leiden pada tahun 1934.

banner 336x280

Setelah menyelesaikan studinya, Sutan Syahrir kembali ke Indonesia dan mulai aktif dalam pergerakan nasional. Ia bergabung dengan Partai Sosialis Indonesia yang pada saat itu dipimpin oleh Maruto Darusman.

Keterlibatan dalam Perjuangan Kemerdekaan

Pada masa pendudukan Jepang, Sutan Syahrir ditahan karena aktivitas politiknya yang dianggap mengancam kekuasaan Jepang. Setelah Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II, Sutan Syahrir terlibat dalam pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang kemudian menjadi cikal bakal negara Indonesia.

Pada tahun 1945, Sutan Syahrir menjadi salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang menandatangani Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia juga ikut aktif dalam perundingan dengan Belanda yang akhirnya membuahkan hasil pada Konferensi Meja Bundar di Den Haag.

Jabatan sebagai Perdana Menteri

Pada tahun 1945, Sutan Syahrir diangkat sebagai Perdana Menteri pertama Indonesia. Ia memimpin pemerintahan dalam situasi yang sulit, dengan perang kemerdekaan yang masih berlangsung dan serangan Belanda yang terus menerus. Sutan Syahrir berhasil mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan membangun fondasi awal negara yang baru.

Kehidupan Pribadi dan Karir Setelah Menjadi Perdana Menteri

Setelah menjabat sebagai Perdana Menteri, Sutan Syahrir terus aktif dalam politik dan menjadi anggota PSI. Namun, pada tahun 1950, ia mengundurkan diri dari PSI dan membentuk Partai Sosialis Indonesia Serikat (PSIS).

Selain aktif dalam dunia politik, Sutan Syahrir juga dikenal sebagai seorang intelektual. Ia menulis banyak artikel dan buku tentang politik dan masyarakat, termasuk buku berjudul “Demokrasi dan Kekuasaan pada Masyarakat Modern” yang menjadi salah satu karya terkenalnya.

Meninggal Dunia

Sutan Syahrir meninggal dunia pada tanggal 9 Desember 1966 di Jakarta. Warisannya sebagai salah satu tokoh progresif dan demokratis dalam sejarah Indonesia tetap diingat dan dihormati hingga saat ini.

Kesimpulan

Sutan Syahrir adalah sosok yang sangat berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia tidak hanya menjadi salah satu pendiri Partai Sosialis Indonesia dan Perdana Menteri pertama Indonesia, tetapi juga memiliki kontribusi dalam upaya membangun fondasi negara yang baru. Melalui karyanya sebagai intelektual, Sutan Syahrir terus memberikan inspirasi dan pemikiran bagi generasi muda Indonesia. Warisannya sebagai tokoh progresif dan demokratis akan terus dihormati dan diingat dalam sejarah bangsa.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.