Biodata Dewi Sartika: Seorang Pahlawan Nasional Yang Menginspirasi

by -333 Views
banner 468x60
banner 468x60
BIODATA
BIODATA from kreasi-undangan.blogspot.com

Pengenalan

Dewi Sartika adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 4 Desember 1884 di Bandung, Jawa Barat. Ia dikenal sebagai salah satu pendiri sekolah untuk perempuan pertama di Indonesia, yaitu Sekolah Isteri (Sekolah Kartini) pada tahun 1912. Dewi Sartika merupakan sosok yang menginspirasi banyak perempuan Indonesia dengan perjuangannya untuk pendidikan dan emansipasi perempuan.

Kehidupan Pribadi

Dewi Sartika lahir dari keluarga yang berada. Ayahnya, Raden Somantri, merupakan seorang Bupati Sumedang yang terkenal. Ia menikah dengan Raden Adipati Aria Soerjosoeparto, seorang bangsawan dari Cirebon. Meskipun berasal dari keluarga yang berkecukupan, Dewi Sartika tetap memiliki semangat untuk memperjuangkan pendidikan bagi perempuan Indonesia.

banner 336x280

Pendirian Sekolah Isteri

Pada tahun 1904, Dewi Sartika mendirikan sebuah organisasi bernama “Kartini” yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk hak untuk mendapatkan pendidikan. Organisasi ini kemudian menginspirasi Dewi Sartika untuk mendirikan Sekolah Isteri pada tahun 1912. Sekolah ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada perempuan Indonesia agar mereka dapat mandiri dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Prestasi dan Penghargaan

Sebagai seorang pahlawan nasional, Dewi Sartika telah mencapai banyak prestasi dan penghargaan. Pada tahun 1966, ia dianugerahi Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Soekarno sebagai penghargaan atas jasanya dalam memperjuangkan pendidikan perempuan. Selain itu, namanya juga diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Jakarta, yaitu Jalan Dewi Sartika.

Masa Kehidupan dan Peninggalan

Dewi Sartika meninggal dunia pada tanggal 11 September 1947 di Jakarta. Meskipun sudah tiada, namun perjuangannya dalam memperjuangkan pendidikan perempuan terus menginspirasi banyak orang hingga saat ini. Sekolah Isteri yang didirikannya juga masih berdiri dan beroperasi hingga sekarang dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kartika.

Kesimpulan

Dewi Sartika adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki peran penting dalam memperjuangkan pendidikan perempuan di Indonesia. Melalui pendirian Sekolah Isteri, ia telah memberikan kesempatan kepada ribuan perempuan Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Meskipun sudah tiada, namun warisannya masih terus hidup dan menginspirasi banyak orang.

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Dewi_Sartika

2. https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/04/060000365/dewi-sartika-pendiri-sekolah-isteri-dan-pahlawan-nasional

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.